.

Site template by JL Bisnis

Informasi beasiswa untuk mahasiswa IPB

08 Juni 2008

Oleh:

Jasmadi BDP "43"

Staf Hublukom

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

BEASISWA Karya Salemba Empat tengah mempersiapkan program beasiswa tahun ajaran 2008/2009. Selain empat universitas yang ikut serta pada tahun sebelumnya, yaitu UI, IPB, Unand dan ITS, tahun ini program beasiswa KSE juga akan melibatkan dua universitas lain, yaitu Universitas Padjadjaran dan Universitas Gadjah Mada.

KSE tetap konsisten menyediakan Beasiswa yang terbuka untuk semua mahasiswa strata 1 (S1) yang telah menempuh pendidikan minimal tahun ke-2 (semester 3) berupa tunjangan biaya selama 1 (satu) tahun ajaran (dua semester).

Pertimbangan utama dalam memilih mahasiswa penerima beasiswa adalah kemampuan ekonomi keluarga mahasiswa - beasiswa ini memang ditujukan utamanya untuk membantu mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Mahasiswa yang berminat memperoleh beasiswa harus melalui proses seleksi dokumen dan seleksi wawancara.

Persyaratan umum Beasiswa KSE kurang lebih sama dengan program beasiswa lain. Mahasiswa diminta mengirim surat lamaran, CV, copy kartu mahasiswa dan copy catatan hasil akademik 2 semester terakhir. Selain itu KSE juga membutuhkan data penghasilan orang tua/wali, copy rekening-rekening tagihan, copy kartu keluarga, surat keterangan tidak mampu dan surat referensi dari fakultas yang menyatakan mahasiswa ybs memang membutuhkan beasiswa dan tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga/pihak lain.

Pengumuman resmi (publikasi) penerimaan pendaftaran beasiswa dijadwalkan selambatnya bulan Juni (dengan pertimbangan pengumuman sudah diberikan sebelum masa libur tahun ajaran) - tanggal pastinya akan ditentukan kemudian. Pengumuman akan dipampang di lingkungan fakultas masing-masing dan di website KSE.

Batas Registrasi Beasiswa KSE Diundur Hingga 10 Juni



Untuk mengakomodasi sebagian mahasiswa yang terlambat mendapatkan informasi mengenai pembukaan pendaftaran Program Reguler Beasiswa KSE, maka Yayasan Karya Salemba Empat merasa perlu untuk mengundurkan batas waktu pendaftaran program tersebut.

Masa pendaftaran Program Reguler Beasiswa KSE yang sedianya berakhir pada tanggal 31 Mei 2008 (cap pos) diundur menjadi tanggal 10 Juni 2008 (cap pos). Seperti pengumuman sebelumnya, Registrasi Beasiswa KSE dilakukan dengan 2 (dua) tahap: Registrasi Online (via website) dan Pengiriman Berkas (via pos). Kedua tahapan ini WAJIB dilakukan. Untuk keterangan selengkapnya mengenai proses registrasi tersebut, baca di SINI.

Setelah tanggal tersebut, KSE akan mulai melakukan seleksi dokumen dari para peminat Beasiswa KSE. Kelengkapan dokumen merupakan aspek yang sangat menentukan diterima atau tidaknya seorang mahasiswa sebagai penerima Beasiswa KSE.

Bagi para mahasiswa yang belum melengkapi berkas-berkas persyaratan, diharap untuk dapat segera melakukan Registrasi Online dan mengirimkan semua berkas persyaratan lewat pos sebelum batas waktu yang baru. Bila sudah mengirimkan berkas lewat pos namun belum lengkap, harap mengirimkan sisa berkas sesegera mungkin dengan menuliskan "PERSYARATAN SUSULAN" di amplop.

Khusus untuk mahasiswa angkatan 2007, bila hingga tanggal 10 Juni, Indeks Prestasi untuk semester 2 belum keluar, silakan mengisi "Semester 2: Jumlah SKS = 0" pada formulir registrasi online. Ini merupakan data sementara. Data ini harus segera diperbaharui segera setelah nilai semester 2 keluar. Hubungi webmaster(at)karyasalemba4.org untuk memperbaharui data ini.

KSE akan terus mengusahakan sebaik mungkin supaya proses Registrasi Online tidak terlalu menyulitkan mahasiswa, namun digitalisasi informasi adalah satu-satunya cara untuk memproses banyaknya data pemohon beasiswa yang masuk.


Alamat pengiriman:

Jl. Mendawai I/19 Kebayoran Baru
Jakarta 12130
T. +62-21-72789238/9
F. +62-21-72789216
E. webmaster(at)karyasalemba4.org

informasi lebih lanjut cari di google ketik "beasiswa karya salemba empat"